Laporan Keuangan Untuk UMKM: Apa Manfaatnya?

Pengelolaan keuangan untuk UMKM adalah salah satu hal yang bisa dikatakan sangat krusial. Ya, hal ini dikarenakan pengelolaan keuangan nantinya akan berpengaruh pada bagaimana UMKM tersebut bisa dijalankan dengan baik. Hanya saja, masih banyak pelaku UMKM yang menganggap enteng laporan keuangan.


Dengan prinsip asal usaha jalan, maka laporan tentang keuangan UMKM tidak menjadi hal yang dianggap penting. Padahal, laporan tersebut adalah bentuk manajerial dari usaha yang dilakukan. Artinya, laporan yang dibuat merupakan bukti bahwa manajemen usaha berjalan dengan baik.

Apa Itu Laporan Keuangan?

Bisa jadi pelaku UMKM yang menganggap laporan tentang keuangan adalah hal yang tidak penting belum mengetahui apa yang sebenarnya dimaksud dengan laporan keuangan. Nah, sebagaimana istilah yang digunakan, laporan keuangan adalah detail pelaporan yang berkaitan dengan transaksi serta masalah keuangan.

Dalam laporan ini dibahas beragam detail mulai dari penjualan, pembelian, transaksi, arus masuk dan keluar uang, serta lainnya. Detail semacam ini sangat berguna untuk memastikan bahwa arus kas UMKM senantiasa stabil, terutama untuk usaha dengan modal yang terbatas.

Kenapa Laporan Keuangan Penting Untuk UMKM?

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah kenapa laporan keuangan ini penting bagi UMKM? Tentu, ada beberapa alasan kenapa laporan ini dianggap penting serta harus dibuat oleh UMKM demi eksistensi usaha mereka.

Beberapa alasan terkait pentingnya laporan ini bagi UMKM adalah sebagai berikut:

1)      Pertimbangan pengambilan keputusan

Salah satu manfaat dari adanya laporan tentang keuangan bagi UMKM adalah sebagai bahan pertimbangan ketika hendak mengambil keputusan. Ya, dalam menjalankan bisnis, nantinya ada beberapa keputusan yang harus diambil terkait strategi perluasan bisnis untuk mendapatkan income yang lebih.

Dengan adanya laporan tentang keuangan tersebut, nantinya pelaku UMKM akan memiliki landasan yang tepat saat mengambil keputusan tersebut. Tentu, dengan pertimbangan yang lebih matang, risiko salah ambil keputusan akan cenderung lebih bisa dihindari.

2)      Alat mengetahui keuntungan dan kerugian

Keuntungan serta kerugian adalah hal yang begitu krusial bagi pelaku UMKM. Seringkali, hal ini menjadi masalah kenapa UMKM tidak bisa berkembang dengan baik. Kebanyakan kasus yang terjadi adalah detail keuangan tidak ditulis secara runtut dan jelas sehingga detail keuntungan atau kerugian tidak terbaca.

Padahal, keterbacaan laporan keuangan menjadi hal yang sangat penting, terlebih untuk UMKM yang memiliki modal terbatas. Dengan detail keuangan yang dimiliki, tentu manajemen keuangan dari UMKM yang dijalankan bisa diatur dengan lebih baik.

3)      Memudahkan perhitungan pajak

Hal lain yang menjadi manfaat dari adanya laporan terkait keuangan bagi UMKM adalah untuk kemudahan perihal pajak. Ini adalah hal yang cukup krusial untuk dipertimbangkan.

Sebagaimana diketahui, negara mengatur tentang pajak dalam urusan bisnis, termasuk menyangkut eksistensi UMKM. Sayangnya, para pelaku UMKM umumnya tidak memiliki pengetahuan yang cukup perihal pembayaran pajak dan mereka membayar pajak sekenanya saja.

Buku Warung, Solusi Membuat Laporan Keuangan UMKM yang Mudah

Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat laporan perihal keuangan pada UMKM yang dijalankan, kini Anda tidak perlu bingung lagi. Ya, ada aplikasi Buku Warung yang bisa diandalkan.

Pilihan aplikasi pembuat laporan keuangan ini akan memudahkan keperluan Anda menyajikan laporan keuangan bisnis secara detail dengan lebih mudah dan maksimal. Tidak hanya itu, nantinya arus transaksi dan kas akan terbaca dengan sangat jelas.

Aplikasi ini juga bisa diandalkan untuk pencatatan kebutuhan lainnya untuk manajemen UMKM yang lebih baik. Nah, dapatkan segera aplikasi laporan keuangan ini dan buat laporan UMKM Anda dengan profesional!

Deskripsi: laporan keuangan menjadi hal yang penting bagi UMKM untuk meningkatkan manajemen keuangan demi bisnis yang stabil.

Post a Comment

0 Comments